Pendidikan Komputer di Sekolah Dasar


Saat ini, pendidikan komputer bagi sekolah dasar memiliki peran yang sangat signifikan. Pada awalnya para Ahli membuat komputer hanya untuk mengolah data dalam membantu mempermudah pekerjaan Ilmuwan. Namun seiring berjalannya waktu, komputer digunakan dalam dunia Pendidikan. Karena dengan komputerisasi segalanya menjadi mudah untuk dilakukan.

Dalam dunia pendidikan, materi TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) khususnya komputer lambat laun merupakan sebuah kebutuhan. Bagaimana tidak, komputer sangat membantu kegiatan dan proses pembelajaran sebagai baik sebagai alat bantu (media), alat uji, maupun alat peraga yang dapat berinteraksi dengan siswa. Meski demikian, interaksi komputer dengan siswa tetap memerlukan peran pengajar yang berpengalaman.


Dalam pendidikan dasar, pendidikan komputer dasar dimulai dengan pemahaman konsep tentang komputer mulai dari istilah, perintah, cara kerja dan konfigurasi yang digunakan. Ini dapat dilakukan sedini mungkin sejak sekolah dasar atau sekolah menengah pertama. Hal yang juga perlu ditanamkan pada anak didik adalah keuntungan-keuntungan yang bisa diperoleh dengan adanya alat bantu komputer.

Keunggulan pendidikan komputer untuk anak-anak ialah pada program atau software Edutainment gabungan EDUcation (pendidikan) dan EnterTAINMENT (hiburan) atau Program Edugame gabungan EDUcation (pendidikan) dan Game (permainan). Karena masa kanak-kanak ialah masa penuh keceriaan atau hiburan.

Software tersebut bisa meningkatkan kreativitas anak dan melatih syaraf motorik. Sebagai contoh; permainan kombinasi benda, berhitung, tebak angka, tebak gambar, atau menyusun gambar. Dengan demikian, suasana belajar menjadi menarik dan menyenangkan.

Pemahaman juga bisa dilakukan melalui contoh penggunaan perangkat lunak yang mempresentasikan informasi seperti perangkat lunak pengolah kata atau perangkat lunak pengolah gambar. Karena sifat perangkat lunak yang ada umumnya cukup mudah dioperasikan, perasaan takut anak untuk menghadapi komputer dapat dikikis sedikit demi sedikit dan diganti dengan perasaan senang ketika menggunakan komputer.

Sejak diberlakukannya Kurikulum Berbasis Kompetensi 2004 (KBK 2004), Pemerintah sudah sangat mementingkan pendidikan komputer atau Teknologi Informasi dan Komunikasi. Diantaranya adalah memfasilitasi sekolah-sekolah dengan komputer dan internet, untuk memudahkan pelajar memahami materi yang disampaikan. Tidak peduli sekolah di desa, jika mereka bisa mengakses internet, maka kemajuan dalam hal pendidikan pun akan lebih mudah dicapai.

Untuk Mengamalkan Ilmu Teknologi Informasi atau pendidikan komputer di sekolah, setidaknya dibutuhkan perangkat berikut:

  1. Tenaga pengajar yang berpengalaman,
  2. Pengadaan peralatan lab komputer dan lain lain.

Saat ini sudah banyak sekolah yang menjadi sekolah favorit karena mempunyai tenaga pengajar komputer berpengalaman, memiliki laboratorium komputer yang memadai lengkap dengan fasilitas Internet. Dengan tersedianya pendidikan komputer, maka proses belajar tidak lagi membosankan dan bisa membuat pendidikan Indonesia bangkit mengejar perkembangan negara maju.

Sumber: www.anneahira.com

1 komentar:

  1. Salam Sukses Selalu……

    Bagi rekan rekan yang membutuhkan jasa pembuatan Software wajib baca ini….

    PT.
    Metalogic Informatika adalah usaha di bidang Konsultan Komputer,
    Maintenance Komputer, Pembuatan Software, Service dan Reparasi Komputer,
    dll yang berhubungan dengan komputer. Kami menerima jasa panggilan ke
    perbankan,kantor asuransi,perkantoran,sekolah, kampus,pabrik,toko dan
    intitusi lainnya yang berhubungan dengan komputer.

    Kami juga
    menyediakan pengadaan laptop, komputer ke perkantoran,sekolah,kantor
    asuransi ,kampus,Pemda,toko dan institusi lainnya dan kami juga memasok
    berbagai macam kebutuhan komputer baik itu partai besar / partai kecil
    dengan harga kompetitif dan sangat menarik.

    Kami melayani pemesanan dan pengiriman dari Jabodetabek dan Seluruh Propinsi di Indonesia.

    Di Cari Reseller di tiap propinsi se Indonesia

    Untuk Info lebih lanjut Hub :

    Herry
    PT Metalogic Informatika
    Jl Kemandoran 1 No 20
    Palmerah- Jakarta Barat
    Telp : 021 5324790 92
    Hp 081808848274
    atau klik http://www.metalogic.co.id
    atau herryhermawanmetalogicinformatika.blogspot.com

    BalasHapus