Jambore Ranting VII Kecamatan Bandar

Gugus Depan SD Negeri Binangun 01 baru saja mengikuti Jambore Ranting yang diselenggarakan oleh Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Bandar di lapangan Desa Sidayu Kecamatan Bandar Kabupaten Batang pada tanggal 18 s.d. 20 Oktober 2012 kemarin. Keikutsertaan SD Negeri Binangun 01 dalam kegiatan tersebut merupakan bentuk partisipasi dalam kegiatan kepramukaan.

Regu Putra - SD Negeri Binangun 01
Regu Putri - SD Negeri Binangun 01

Kegiatan Jambore tingkat ranting Kecamatan Bandar merupakan kegiatan rutin 2 (dua) tahunan yang diselenggarakan menyambut hari ulang tahun Pramuka. Karena HUT Pramuka beberapa tahun ini bersamaan dengan bulan Ramadhan, maka kegiatan tersebut diundur seusai lebaran.



Tahun ini, kegiatan Jambore Ranting diikuti oleh kurang lebih 90 regu dari 45 pangkalan SD/MI Se Kecamatan Bandar. Berbeda dengan Jamran VI Tahun 2010, kegiatan Jambore Ranting kali ini hanya mengujikan beberapa materi diantaranya berupa tekpram, baris-berbaris, sandi, dan pengetahuan umum. Beberapa lomba dan permainan yang mengasah kemampuan dan melatih kerjasama antar anggota regu juga diadakan. Beberapa diantaranya ada; out bond, halang rintang, pentas seni, bumbung kemanusiaan, lomba masak, lomba bakiyak, dan lain-lain.

Peserta Putra dalam Kegiatan Out Bound

Peserta Putri dalam Kegiatan Halang Rintang

Keceriaan Peserta Putra dalam Lomba Bakiyak

Ada yang khas dari kegiatan Jambore Ranting VI tahun 2010 dan yang terakhir Jambore Ranting VII tahun ini. Kegiatan Jambore selalu bertepatan dengan musim hujan. Sejak siang hari pertama hujan rintik berganti deras berganti rintik lagi, silih berganti. Meski demikian, semangat ratusan peserta yang datang seolah tak bisa diadang oleh air hujan. Semuanya tetap bersemangat melakukan kegiatan, termasuk 20 peserta dari Gugus Depan SD Negeri Binangun 01. Meskipun sempat dilakukan evakuasi pada malam pertama karena hujan begitu deras dan air membanjiri tenda.

Kontingen SDN Binangun 01 dalam suasana setelah hujan

Jambore ranting ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan kepramukaan kepada pramuka Penggalang dan menggali prestasi yang dimiliki peserta pramuka penggalang. Melalui kegiatan ini para pramuka penggalang juga dapat meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa, meningkatkan rasa patriotisme, kedisiplinan, dan kreatifitas agar menjadi anggota pramuka yang berkualitas. Serta meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan serta persaudaraan, kepedulian, dan memiliki jiwa solidaritas dalam masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar